Welcome to our site

welcome text --- Nam sed nisl justo. Duis ornare nulla at lectus varius sodales quis non eros. Proin sollicitudin tincidunt augue eu pharetra. Nulla nec magna mi, eget volutpat augue. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer tincidunt iaculis risus, non placerat arcu molestie in.

Ya Ampun, Mall Lagi, Mall Lagi..

Thursday 7 October 2010

[caption id="attachment_71" align="aligncenter" width="605" caption=".... Mall Lagi???"][/caption]

Di Jakarta, banyak sekali pusat perbelanjaan seperti mall-mall dan 'trade center' seperti ITC Kuningan, ITC Mangga Dua dan lain sebagainya. Bahkan sampai ke daerah Tangerang, mall bermunculan di mana-mana. Pertama-tama aku ingin mengucapkan maaf kepada Anda-Anda yang hobi ke mall buat mejeng, nonton film, pacaran, makan, belanja, dan lain-lain.. tetapi bukankah mall di Jakarta sudah jauh terlalu banyak ya? Jaman-jamannya aku hampir selesai SMA, Senayan City dibangun, sekarang tiba-tiba Gandaria City sudah nongol..

Memang membangun mall akan menghasilkan lebih banyak uang, tetapi mengapa property developers tidak pernah berpikir untuk membangun sebuah gedung kesenian? Memang Jakarta sudah memiliki GKJ, tetapi gedungnya lumayan kecil. Lalu kita juga punya Taman Ismail Marzuki, tetapi GKJ dan TIM-pun sering sekali full-booked. Kalau ada gedung kesenian yang baru, yang bisa menampung banyak penonton, dengan backstage yang nyaman, akustik dan lighting yang bagus, kan bisa dijadikan kebangaan. Daripada bangun mall lagi.. hanya mendorong orang untuk menghabis-habiskan uang untuk sesuatu yang kadang... kurang penting.

Atau mungkin property developers bisa membangun gedung olah raga serba guna? Sebentar lagi mau ada SEA Games, bisa atau tidak ya atlit-atlit kita mencapai impian mereka dengan fasilitas - fasilitas yang kurang memuaskan di negara kita? Menurutku penting sekali adanya pusat-pusat olah raga baru yang bermutu baik supaya proses pelatihan atlit-atlit kita bisa berjalan lebih lancar. Mungkin ada pusat kesehatannya juga.. supaya kalau ada yang terkena cedera bisa langsung dibantu di pusat physiotherapy? Wah impianku tinggi, tetapi gedung-gedung seperti ini aku rasa membutuhkan budget yang kurang lebih sama dengan budget pembuatan mall yang besar.

Aku hanya ingin supaya di masa depan, Indonesia, akan memiliki gedung-gedung yang jauh lebih berguna.. dibanding mall.

Alexia

9 comments:

Poetry Gunarso said...

Iya memang kenapa harus mall mall dan mall lagi yg harus dibangun. Coba lihatlah mutu bangunan sekolah negeri kita, sangat memprihatinkan sekali. Seperti tulisan diatas boleh juga tuh, membangun Gedung kesenian dan GOR.

watatita said...

Terima kasih komentarnya tante Poetry :) .. betul.. gedung sekolah negeri di sini aduuuuuh memprihatinkan... bisa aja property developersnya pergi ke daerah-daerah terpencil dan membantu membangun sekolah-sekolah dengan gedung yang lebih bermutu. Nggak usah ke daerah terpencil.. SD Parigi yang di Tangerang aja kondisinya menyedihkan banget..

Dyan Indriyani said...

more parks, please. stop building buildings.... more trees so Jakarta can have much less flood.....and be more green less polluted.

Dyan Indriyani said...

more parks, please. stop building buildings.... more tree so Jakarta can have much less flood.....

watatita said...

Asal parksnya ga jadi tempat dagang dan "tong sampah" umum aja... kyk taman Suropati tuh, wah jadinya bagus... kenapa nggak bisa banyak kyk gitu??

Gabriel Bernadi Jones said...

mall, mall , mall ... bosen aku lihatnya. mall cuma bisa bikin orang menghabiskan uang buat yg ga berguna. sekali beli bulan depan juga udh dibuang. ada baiknya bangun gedung sekolah buat yang ga mampu , GOR juga ok tuh. but the most important thing is art and cultural building. people in these days must learn about history and their culture. enough spending some money guys for something expensive. better spend something to buy some es cendol or maybe kerak telor. ^^

watatita said...

Terima kasih untuk commentya.. Sedih ya rasanya kalau uang dipakai buat hal-hal yang nggak penting (yang mahal juga), kalau yang bisa membantu negara kan investasi yang lebih berguna. Seperti kata Mbak Dyan di bawah.. bikin parks dan tempat banyak pohon yang terbuka juga sangat berguna di kota besar seperti Jakarta (asal diurus dan dijaga biar bersih terus saja!)....

Reydi said...

inilah bukti nyata swasta lebih maju dibanding pemerintah. lah orang pegawai negri perginya ke mall semua bukannya survey sekolahan yang udah mau ambruk :))

watatita said...

Terima kasih komentarnya mas Reydi.. betul betulll... sayang ya.. apalagi karena mall menghasilkan banyak uang, jadi mereka lebih memilih membangun mall. Hhahah iya mereka mejeng di mall semua, menikmati gaya hidup konsumerisme, tidak memikirkan saudara-saudaranya yang bersekolah aja di gedung yang mau ambruk.. :( yang harus ditingkatkan mungkin kesadaran dulu kali ya?

Post a Comment