Welcome to our site

welcome text --- Nam sed nisl justo. Duis ornare nulla at lectus varius sodales quis non eros. Proin sollicitudin tincidunt augue eu pharetra. Nulla nec magna mi, eget volutpat augue. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer tincidunt iaculis risus, non placerat arcu molestie in.

Kritiiiik Terus.. Kamu Mengeritik Orang Lain.. Atau Mendeskripsikan Diri Sendiri?

Friday 10 December 2010

[caption id="attachment_327" align="alignnone" width="490" caption="Jangan asal kritik.. ingat siapa dirimu juga.."][/caption]

Berbicara tentang orang lain adalah kebiasaan kita-kita. Topiknya selalu seru dan biasanya mengundang omongan-omongan negatif. Saya sendiri suka bergosip kalau bertemu teman-teman, memang aktivitas yang susah dihindari. Tetapi, menurutku bisa kita kurangi, apalagi jika kita membicarakan orang dengan negatif, tetapi kita belum sadar bahwa hal-hal negatif yang kita bicarakan... adalah hal-hal negatif tentang diri kita juga. Saya sendiri juga berhenti dan berfikir.. jika saya mengeritik seseorang... apakah saya seperti orang itu juga?

Saya sering geli mendengar orang yang mengeritik orang lain.. dan saya tahu kalau si pengeritik itu sebetulnya sama saja dengan orang yang dia kritik. Kadang mereka suka tidak sadar saja.. Kita harus lebih hati-hati jika ingin memberi kritik pada seseorang. Biasanya orang-orang yang suka mengeritik orang atau membicarakan orang dengan cara negatif hanya menutupi masalah dirinya sendiri, dan merendahkan orang lain.

Hal ini menjadi pelajaran bagi saya juga tiap kali melihat orang asal mengeritik... apakah saya main hakim sendiri? apakah saya sebenarnya malah mendeskripsikan diri sendiri sewaktu memberi kritikan tersebut? saya harus lebih berhati-hati. Karena di luar sana, banyak sekali orang yang mudah mengeritik dan main hakim sendiri, tetapi tidak sadar bahwa mereka harus 'mengaca diri'... mereka harus sadar bahwa mereka butuh perubahan sendiri juga. Mengeritik itu terlalu mudah.

Alexia.

0 comments:

Post a Comment