Welcome to our site

welcome text --- Nam sed nisl justo. Duis ornare nulla at lectus varius sodales quis non eros. Proin sollicitudin tincidunt augue eu pharetra. Nulla nec magna mi, eget volutpat augue. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer tincidunt iaculis risus, non placerat arcu molestie in.

Orang Indonesia Itu "Jaim" Sekali di Depan Orang 'Bule'.. Kenapa Ya?

Thursday 16 December 2010

[caption id="attachment_418" align="alignnone" width="490" caption="Orang Indonesia "jaim" sekali di depan orang 'bule'"][/caption]

Saya pernah membuat posting tentang mengantri. Tetapi posting hari ini sedikit berbeda dengan posting yang dulu. Saya perhatikan dari dulu.. kalau orang Indonesia sangat "jaim" (jaga image) sekali di depan orang asing. Kesannya mereka adalah makhluk berbeda yang harus lebih ditakuti dan dihormati dibanding orang Indonesia seperti kita. Mengapa ya? saya rasa ada rasa hormat yang kurang untuk sesama orang Indonesia.

Sejak usia muda, saya sering berinteraksi dengan orang-orang bule, ya maklum, ibu saya sendiri asalnya dari Australia. Saya dimasukkan ke sekolah National Plus (hampir sama seperti Sekolah International), di sanapun sangat terlihat bahwa guru-guru asing lebih dihormati dibanding guru Indonesia. Kenapa ya? Padahal guru Indonesia juga harus dipatuhi, dihormati, seperti guru asing. Bila guru asing memberi peraturan, jarang yang berani melawan atau rewel, tetapi jika guru Indonesia yang memimpin kelas, kelasnya berisik, kacau, sepertinya tidak ada yang menghormati guru Indonesianya. Padahal menurut saya guru asingnya tidak galak, dan guru Indonesianya juga tidak kurang profesional. Menurutku hanya rasa hormat dari murid-murid yang memperlakukan mereka secara berbeda.

Orang Indonesia di luar negeri juga sepertinya lebih mematuhi peraturan. Kalau antri di luar negeri mereka disiplin sekali, kesannya mereka takut sekali dengan orang bule. Tapi rasa hormat kepada sesama tidak terlalu terlihat di Indonesia. Kalau di pasar, di antrian tiket kereta, masih banyak sekali orang menyerobot (tetapi sewaktu ada orang asing di antrian, mereka tidak berani menyerobot!).

Saya tidak mengatakan bahwa kira harus berheti 'jaim' di depan orang asing. Tetapi kita harus mulai saling menghormati sesama orang Indonesia, seperti kita menghormati orang asing. Ada yang berkata "ya kan malu kalau di depan orang asing kita bertingkah seenaknya", tetapi tidakkah Anda malu juga jika Anda bertingkah seenaknya di depan orang Indonesia yang lain? Orang Indonesia atau bukan, kita sama-sama manusia yang harus saling menghormati.

Alexia.

0 comments:

Post a Comment