Welcome to our site

welcome text --- Nam sed nisl justo. Duis ornare nulla at lectus varius sodales quis non eros. Proin sollicitudin tincidunt augue eu pharetra. Nulla nec magna mi, eget volutpat augue. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer tincidunt iaculis risus, non placerat arcu molestie in.

Saturday 27 November 2010

[caption id="attachment_253" align="alignnone" width="605" caption=""Lha... ini Wonogiri beneran?? Ya ampuuun...""][/caption]

Saya dikabari oleh ibu saya sore tadi.. Bupati Wonogiri, Pak Danar Rahmanto memutuskan untuk menghentikan segala pertolongan dana untuk acara-acara tradisional di Wonogiri. Pak Danar Rahmanto ternyata sudah terikat dalam janji politis dengan organisasi-organisasi Islam, yang telah membantu beliau menjadi Bupati di Wonogiri.

Menurut Pak Danar, acara-acara/ritual tradisi Jawa itu menyesatkan. Sepertinya Pak Danar harus mengerti bahwa ritual Jawa adalah hal-hal simbolis. Jadi jika ada orang memberi sesajen ke pohon, itu bukan maksudnya kita menyembah pohon. Maknanya lebih dalam dari itu. Pengikut Kejawen adalah pengikut Tuhan YME juga. Tolong jangan berpikir begitu sempit. Upacara Larung Agung yang sudah dilaksanakan sejak abad ke-17 sudah tidak dibantu oleh pemerintah Wonogiri, padahal inti dari Upacara Larung Agung sangatlah indah, berterima kasih kepada alam (intinya berterima kasih kepada Tuhan), untuk menyediakan segala kebutuhan hidup.

Saya betul-betul takut jika membayangkan kota Wonogiri, yang kental dengan budaya Jawanya, tiba-tiba berubah di makan jaman. Bisa-bisa semua hal yang berbau budaya atau Kejawen di tanah Jawa bisa hilang, hanya karena orang-orang berpikiran sempit mengatakan bahwa ritual-ritual Kejawen itu "menyesatkan".

Pantas saja budaya tradisi kita lama-lama menghilang, sekarang banyak orang seperti itu. Padahal dulu Wali Sanga menyebar Agama Islam menggunakan wayang kulit. Agama dan Budaya bisa hidup selaras, dua-duanya bisa ada tanpa harus menyingkirkan salah satunya. Mengapakah pada akhir-akhir ini Budaya dan Politik harus dicampur? Sudah pasti budaya kita menghilang...

0 comments:

Post a Comment