Welcome to our site

welcome text --- Nam sed nisl justo. Duis ornare nulla at lectus varius sodales quis non eros. Proin sollicitudin tincidunt augue eu pharetra. Nulla nec magna mi, eget volutpat augue. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer tincidunt iaculis risus, non placerat arcu molestie in.

Tanamlah Rasa Cinta Akan Budaya Kita Sejak Usia Muda

Tuesday 30 November 2010

[caption id="attachment_278" align="alignnone" width="490" caption="Generasi Muda Jaman Sekarang.......... *tarik nafas panjang*"][/caption]

Budaya Indonesia bisa hilang termakan jaman karena orang-orang Indonesianya sendiri lebih suka meniru-niru kebudayaan luar. Anak muda sebagai penerus bangsa harus bisa mempertahankan kelestarian budaya daerahnya masing-masing untuk memperkuat identitas kita sebagai orang Indonesia. Tetapi kadang saya merasa hilang harapan jika melihat anak-anak muda akhir-akhir ini yang merasa lebih bangga dengan budaya luar.

Padahal, kunci konservasi budaya kita terletak di niat dan semangat anak-anak muda untuk tetap melestarikannya, dan generasi sebelumnya untuk mengajarkan generasi muda hal-hal yang mereka ketahui tentang budaya, sejarah, dan tradisi negara kita. Harus dimulai sejak kecil, orang Indonesia harus rajin mempelajari bahasa daerah, tarian daerah, menonton pertujukan tradisional atau upacara adat, supaya rasa cinta terhadap budaya dikembangkan sejak usia muda. Sekarang anak-anak TK inginnya menonton Ben 10 dan bermain dengan boneka Barbie, semua pengaruh luar.

Tidak ada salahnya untuk mempelajari budaya luar di era globalisasi, malah sangat penting untuk mempelajari bahasa-bahasa luar seperti bahasa Inggris atau Cina jika ingin mendapatkan pekerjaan yang bagus. Tetapi tolong jangan meninggalkan budaya tradisi kita. Inilah identitas kita. Berbanggalah dengan candi-candi, kain tenun, tari piring, ketukan kendhang. Jangan hanya meniru hal-hal yang kita lihat di televisi. Selebritis kita saja sudah meniru selebritis luar negeri, lama kelamaan Indonesia akan kehilangan khasnya.

Perjuangan kita sekarang adalah untuk mengembalikan rasa cinta itu kepada generasi muda Indonesia. Tumbuhkan rasa cinta akan budaya kita sejak usia muda.

Alexia.

0 comments:

Post a Comment