Welcome to our site

welcome text --- Nam sed nisl justo. Duis ornare nulla at lectus varius sodales quis non eros. Proin sollicitudin tincidunt augue eu pharetra. Nulla nec magna mi, eget volutpat augue. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer tincidunt iaculis risus, non placerat arcu molestie in.

Agamaku dan Kepercayaanku Adalah Urusanku Dengan Tuhan

Saturday 11 December 2010

[caption id="attachment_335" align="alignnone" width="490" caption="Hargailah pilihan Agama orang lain.."][/caption]

Agama adalah topik yang paling sensitif. Dulu saya niatnya tidak pernah membahas tentang agama di blog ini tapi lama kelamaan 'gatel' juga ingin menulisnya. Saya semangat menulis tentang agama karena orang-orang di negara ini kurang bisa menghargai pilihan agama orang lain.. seakan-akan mereka bisa mempengaruhi orang lain supaya bisa masuk ke agama mereka.

Apalagi saya, yang sedang mempelajari spiritualitas Kejawen (ingat ya, bahwa Kejawen itu bukan agama, tetapi spiritualitas), bayangkan hal-hal apa saja yang sudah saya dengar orang bicara tentang Kejawen. Ada yang bilang ilmu hitam, musrik, dan lain sebagainya. Padahal pengikut Kejawen juga percaya dengan Tuhan. Banyak yang memandang Kejawen sebagai hal negatif, karena mungkin banyak yang salah interpretasi. Jika kita menaruh sesajen di bawah pohon, itu bukan artinya kita menyembah pohon itu. Segala hal di spiritualitas Kejawen adalah simbolis. Jika kita naik Gunung Lawu, bukan karena kita menyembah Kanjeng Sunan Lawu (kita hanya meminta ijin oleh Kanjeng Sunan Lawu), tetapi kita melakukan ilmu kebatinan (mendekati kepada Tuhan YME). Saat kita capai memanjat gunung, saat kita lapar, haus, kita ingat pada Tuhan.. pada saat kita jalan, kita berdoa pada Tuhan.

Jika Anda bisa menghormati pilihan agama orang lain, Anda bisa berteman dengan orang-orang berbeda agama, dunia lebih damai, dan Anda bisa belajar lebih banyak tentang hidup jika mau mempelajari tentang kepercayaan-kepercayaan lain. Agama-agama di dunia ini sangatlah indah, dan mereka ada untuk tujuan yang mulia. Tuhan tidak pernah menciptakan Agama, Agama adalah sesuatu yang dirancang dan disusun oleh manusia. Tuhan hanya ingin disayangi, dihormati dan dijadikan bagian dari hidup kita.

Saya hanya berharap di negara ini orang-orang bisa menghargai, menghormati (respect) pilihan agama/kepercayaan orang lain, karena menurut saya agama/kepercayaan adalah sesuatu yang sangat pribadi (personal) - tidak bisa dipaksa - dan hanya urusan kita pribadi dengan Tuhan, orang lain tidak boleh berurusan, atau mengatakan bahwa apa yang kita percaya itu salah. Siapa bilang agama/kepercayaanmu paling benar? Tuhan memperbolehkan adanya ratusan agama di bumi ini, karena bukan hanya satu yang benar - tetapi karena adanya ratusan gaya hidup, ratusan cara pandang, ratusan hati, tetapi semuanya menyembah 1 Tuhan.

Alexia.

1 comments:

cak mamad said...

Nama Dia ratusan, miliaran bahkan tak terhitung lagi manusia memanggil dan menyebut Dia, tapi Dia memiliki satu nama yang diperkenalkan dimana-mana yaitu: Allah.

Dia adalah Rabb semesta alam, Dia itu ahad meski miliaran manusia memanggil Dia dengan beragam sebutan.

Dia mengajarkan untuk menyembah dan bergantung hanya pada-Nya, Allah Rabbul Alamin.
Kasih sayang dan akhlak yang mulia adalah yang Dia amanatkan pada manusia. Agama adalah buatan manusia, ya memang kata agama adalah buatan manusia, lihat saja orang jawa memaknai agama adalah dari kata ageman atau sesuatu yang dipakai, karena memang seperti itulah aturan hidup (baca: syariat) dari Allah adalah untuk dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Jika memang seseorang tahu syariat ini dan apa yang di inginkan Allah maka memang tak akan ada pertentangan dalam kehidupan. Agama bukan sesuatu untuk dipaksakan, seorag nabi dan rosul pun hanya memiliki tugas untuk membawa kabar gembira dan peringatan, selebihnya (HIDAYAH) adalah Hak prerogatif milik Allah SWT.

Post a Comment