Welcome to our site

welcome text --- Nam sed nisl justo. Duis ornare nulla at lectus varius sodales quis non eros. Proin sollicitudin tincidunt augue eu pharetra. Nulla nec magna mi, eget volutpat augue. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer tincidunt iaculis risus, non placerat arcu molestie in.

Apa Jadinya Jika Lambang Garuda di Seragam Timnas Sepakbola Dirubah Menjadi Gambar.... Ayam?!

Tuesday 14 December 2010

[caption id="attachment_409" align="alignnone" width="490" caption="Bambang Pamungkas dan Irfan Bachdim"][/caption]

Hari ini topiknya tidak terlalu serius...:)

Kita harus berbangga karena Tim Nasional Sepak Bola kita sudah mencapai Semifinal AFF Suzuki Cup 2010 - dan belum (dan moga-moga tidak akan) terkalahkan. Tetapi ternyata lambang Garuda di seragam Tim Nasional kita dipermasalahkan! Karikatur yang saya buat hanyalah gojekan.. tidak mungkin lah mereka meletakkan gambar ayam sebagai pengganti lambang Garuda di seragam Tim Nasional!

Menurut seorang pengacara bernama David Tobing, lambang Garuda itu 'tidak lazim dalam kancah Internasional'. Menurutnya lambang Garuda melanggar UU No. 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan Lagu Kebangsaan. Menurut Pak David ini, lebih baik Tim Nasional Sepak Bola kita mengenakan lambang federasi, karena menurutnya kaos bola akan dikotori, dirobek, dan lain sebagainya... dan lambang kita tidak boleh sampai dikotori dan dirobek.. Padahal setau kita semua, lambang Garuda sudah dikenakan pemain Nasional kita sejak Olimpiade 1956, dan Garuda adalah lambang kebangaan negara kita.

Menurut saya, biarkan saja lambang Garuda diletakkan di seragam Timnas, karena itu memang lambang negara kita. Jika ada yang 'takut' lambang negara bangsa kita dikotori atau dirobek, itu akibat perjuangan pemain-pemain kita, dan bila kotor dan robek kan wajar, namanya juga main bola. Biar saja Indonesia memiliki identitas yang berbeda, malah justru meningkatkan harga diri bangsa.

Alexia.

Referensi artikel ini didapat dari:

Detik.com - PSSI: Sejak Dulu Kita Pakai Lambang Garuda, Tak Masalah.

Detik.com - Garuda Bertengger di Kostum Timnas, Logo PSSI ke Mana?

 

4 comments:

Yuki said...

Yg brmslh bkn lambang garuda dseragam timnas tp yg gugat yg brmslh. Krg krjaan. Kya g da krjaan laen z

watatita said...

Iya, seperti kurang kerjaan saja...

Yulian M said...

Menurut saya penggunaan lambang negara sah-sah saja. Beberapa tim nasional lain juga melakukan hal serupa, seperti Spanyol dan RUSIA. Beberapa bahkan mencantumkan benderanya di kostum. Sebut saja China, Yunani dan Malaysia.
CMIIW

prihantoro said...

keren blog anda,
khas & menarik,
melestarikan wayang indonesia juga

http://mhprihantoro.blogdetik.com/2010/10/01/bravo-polisi-heheee-jarang2-neeeeh/

Post a Comment