Welcome to our site

welcome text --- Nam sed nisl justo. Duis ornare nulla at lectus varius sodales quis non eros. Proin sollicitudin tincidunt augue eu pharetra. Nulla nec magna mi, eget volutpat augue. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer tincidunt iaculis risus, non placerat arcu molestie in.

Kok Pada Suka Pakai Lambang Nazi Sih??

Monday 15 November 2010

[caption id="attachment_217" align="alignnone" width="605" caption="Kenapa sih suka pakai lambang Nazi?? | maaf salah tulis, seharusnya 'copyright watatita'"][/caption]

Saya sering melihat anak-anak muda yang sering bergaya dengan baju-baju menggunakan lambang Nazi. Lambang Nazi, wujudnya seperti lambang Swastika dari budaya India tetapi dimiringkan. Swastika di India merupakan lambang kedamaian, tetapi lambang SS milik tentara Nazi lebih dikenal sebagai lambang kejahatan dan kekejian, karena pada masa Perang Dunia ke-2, Nazi di Jerman merupakan partai yang melaksanakan 'ethnic cleansing' atau pemberantasan ras - terutama pada kaum Yahudi, homoseksual dan gipsi. Nazi yang dipimpin oleh Adolf Hitler menguasai Jerman dan negara-negara di sekitarnya dari tahun 1933 - 1945, membunuh 6 juta orang. Kaum-kaum yang mereka benci dibunuh, disuruh kerja paksa, dijadikan kelici percobaan kedokteran (bukannya dijadikan sehat lho), disiksa, dibakar hidup-hidup, sampai disuruh menggali kuburannya sendiri di kamp konsentrasi di sekeliling Eropa. Mereka diperlakukan lebih rendah daripada hewan. Yang lebih mengerikan lagi, sekarang ada gerakan baru bernama Neo-Nazi atau the Fourth Reich, yang ingin melajutkan tindakan Hitler pada Perang Dunia ke-2.

Yang saya tidak mengerti sekarang, mengapakah sekarang lambang Nazi sangatlah populer di kalangan anak muda? Malah dipakai untuk bergaya. Rasanya ingin saya marah-marahi mereka jika bertemu mereka di tengah-tengah mall.. Jalan-jalan dengan teman satu grup, memakai baju berlambang Nazi, dengan gaya yang sok menakutkan. Mereka mengerti atau tidak sih Nazi itu apa? Orang Indonesia kok memakai lambang Nazi? Orang Indonesia kan sudah pasti dianggap ras yang lebih rendah bagi orang seperti Hitler (yang memiliki pendapat bahwa ras kulit putih, berambut pirang dan bermata biru adalah ras terbaik, paling sempurna, dan harus paling dominan di bumi ini - padahal Hitlernya sendiri tidak pirang tuh...). Eh, ini malah anak-anak bergaya dengan lambang Nazi. Gemes rasanya... Nenek saya (yang dari ibu saya - yang asalnya dari Ukraina) sewaktu jalan-jalan ke Indonesia dulu merasa sangat terganggu dengan banyaknya lambang Nazi karena mengembalikan ingatan-ingatan buruk tentang masa lalunya.

[caption id="attachment_218" align="alignleft" width="300" caption="inilah lambang Nazi"][/caption]

Lain kali, jika melihat teman, saudara, ataupun anak Anda sendiri mengenakan baju berlambang Nazi, tolong diberi tahu. Bagaimana mau mendorong kedamaian di dunia, jika kekejaman di masa lalu malah dikenakan dengan bangga? Walaupun simbol ini hanyalah gambar, mohon jangan dipakai, karena simbol ini memiliki sejarah yang tidak pantas untuk dibangga-banggakan.

Alexia.

4 comments:

watatita said...

:) terima kasih Pak Sam!

sam soemadipradja said...

gambar swastika masih di dapat di pura atau vihara (di indonesia0....
bahkan pada motif batik.....
(mungkin niat pada para remaja...ngikut2 neo nazi - nazi menggunakannnya karena merasa berdarah aria, bangsa aria menggunakan lambang swastika)

watatita said...

Hahah.. padahal kita nggak ada aria2nya ya pak.. heheh.. iya para remaja ingin merasa dominan mungkin ya?

sam soemadipradja said...

Some cultures in the past had differentiated between the clockwise swastika and the counter-clockwise sauvastika. In these cultures the swastika symbolized health and life while the sauvastika took on a mystical meaning of bad-luck or misfortune.

But since the Nazis use of the swastika, some people are trying to differentiate the two meanings of the swastika by varying its direction - trying to make the clockwise, Nazi version of the swastika mean hate and death while the counter-clockwise version would hold the ancient meaning of the symbol, life and good-luck.

Post a Comment